RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata
Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : XI/II
Pertemuan : 10 (sepuluh)
Materi
Pokok/Topik : Peranan tokoh-tokoh
Proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit (2 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1. Menghayati
nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan
nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap
bangsa dan negara Indonesia.
2.3 Meneladani perilaku
kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk meraih kemerdekaan
dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.9 Menganalisis peran
Bung Karno dan Bung Hatta sebagai proklamator serta tokoh-tokoh proklamasi
lainnya.
3.9.1 Menganalisis
tokoh yang termasuk sebagai tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.9.2 Menganalisis
Peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.9.3 Menganalisis Hasil
Peranan dari tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
4.9 Menulis sejarah
tentang perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta.serta tokoh-tokoh proklamasi
lainnya.
4.9.1 Menyusun Karya
tulis sejarah yang berjudul “Perjuangan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan
Indonesia”.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
memperhatikan tayangan gambar, siswa dapat memahami tokoh yang termasuk sebagai
tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
2. Melalui
Diskusi, siswa dapat menjelaskan tentang peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan
Indonesia.
3. Melalui
Diskusi dan kerja kelompok, siswa dapat menganalisis tentang hasil dari peranan
tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
4. Melalui
Diskusi dan kerja kelompok, siswa dapat menyusun karya tulis tentang “Perjuangan
tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia”.
D.
Materi
Pembeajaran
1. Tokoh-tokoh
proklamasi kemerdekaan Indonesia.
2. Peranan
tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3. Hasil
dari peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
4. Sistematika
tulisan tentang perjuangan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Problem Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah)
F.
Media,
alat, dan sumber belajar
1. Media
gambar: gambar tentang peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
2. Alat/bahan:
a.
Gambar
b.
Laptop
c.
LCD,
d.
Proyektor.
3. Sumber
belajar: Buku sejarah kelas XI, internet, serta buku-buku yang relevan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa.
b.
Guru mempersiapkan kelas lebih kondusif untuk proses
belajar mengajar (menanyakan kehadiran peserta
didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar)
c.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.
Guru menyampaikan topik pembelajaran “Peranan tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”
e.
Guru memberikan informasi tentang pentingnya topik
ini.
f.
Guru membagi siswa dalam kelompok kecil yang terdiri
dari 6 kelompok dan 6 orang, yaitu kelompok 1,2,3,4,5, dan 6.
|
10
Menit
|
Inti
|
Siswa sudah duduk dikelompok masing-masing.
Guru menayangkan gambar tentang peranan Bung Karno
sebagai Proklamtor.
Mengamati
a.
Siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar yang
ditampilkan oleh guru yaitu tentang peranan tokoh-tokoh Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia.
Menanya
a. Guru
mendorong siswa untuk bertanya hal-hal yang terkait dengan gambar yang
ditayangkan
b. Guru
kembali menegaskan topik pembelajaran yang akan dibahas.
c. Guru
menegaskan tentang model pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu
menggunakan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah).
Mengeksplorasi
a. Guru
memberikan pengantar singkat, misalnya menjelaskan tentang perjuangan rakyat
Indonesia sebelum peristiwa Proklamasi Kemedekaan, yaitu perjuangan rakyat
Indonesia yang berabad-abad tahun lamanya untuk lepas dari penjajah, hingga
akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia mampu memproklamasikan
kemerdekann. Hal ini tidak terlepas dari peranan para tokoh-tokoh Proklamasi
yang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia dan terlepas dari
penjajah. Siapakah tokoh-tokoh Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan bagaimana
riwayat hidup secara singkat dari tokoh-tokoh tersebut Bagaimana peranan tokoh-tokoh
Proklamasi dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Dan apa hasil dari
peranan tokoh-tokoh Proklamasi tersebut. Nah, untuk memecahkan beberapa
permasalahan diatas, para siswa melakukan diskusi kelompok.
b. Guru
kemudian menjelaskan cara kerja masing-masing kelompok. Kegiatan pembelajaran
ini menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Pertama, setiap kelompok harus
merumuskan masalah sesuai dengan materi masing-masing. Kemudian mendeskripsikan
masalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab sesuai degan
materi masing-masing. Masing-masing kelompok juga diminta merumuskan
hipotesis. Kemudian dilakukan analisis untuk
memecahkan masalah yang telah dirumuskan.
c. Setiap
kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi atau mengumpulkan data
melalui diskusi kelompok
Mengasosiasi/menganalisis
data
a.
Setiap kelompok mendapatkan tugas mengasosiasi atau
menganalisis fakta-fakta yang berhasil ditemukan dan dirumuskan:
1.
Kelomok 1 dan kelompok 2 memecahkan masalah terkait materi
tokoh-tokoh
Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan bagaimana riwayat hidup secara singkat
dari tokoh-tokoh tersebut
2.
Kelopmpok 3 dan kelompok 4, memecahkan masalah
tentang materi peranan tokoh-tokoh Proklamasi dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia.
3.
Kelopmpok 5 dan kelompok 6, memecahkan masalah
tentang hasil dari peranan tokoh-tokoh Proklamasi tersebut.
b.
Masing-masing kelompok dalam menganalisis data dapat
menggunakan buku sumber dan menggunkan fasilitas multimedia (internet).
Mengomunikasikan
a.
Presentasi hasil kelompok
(masing-masing kelompok) dalam rangka mengkomunikasikan hasil karya kelompok
dan kelompok lain diwajibkan memberi tanggapan.
b.
Nilai yang dikembangkan: mengemukakan pendapat
dengan singkat dan jelas,serta mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik
dan benar.
|
70 menit
|
Penutup
|
a. Klarifikasi
atau kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang “Peranan
tokoh-tokoh Proklamasi Indonesia” sebagai gambaran dari para tokoh proklamasi
untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
b. Siswa
melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang
diperoleh setelah belajar tentang topik pembelajaran “Peranan tokoh-tokoh
Proklamasi Indonesia ”
c. Guru
sekali lagi menegaskan agar para siswa tetap bersyukur pada Tuhan Yang Maha
Esa yang telah memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Para siswa
harus belajar dan bekerja keras untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia
dan menjadi generasi bangsa yang cerdas agar tidak terjajah dan dibodohi oleh bangsa asing lainnya.
d. Guru
memberikan pertanyaan secara acak kepada peserta didik untuk mendapapatkan
umpan :
1. Siapakah
tokoh yang berperan dalam mengibarkan bendera pusaka pada saat proklamasi
kemerdekaan Indonesia?
2. Bagaimanakah
peranan tokoh BM. Diah dalam rangka mempersiapkan Proklamasi kemerdekaan
Indonesia?
e. Sebagai
refleksi, Guru bersama siswa menyimpulkan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung
serta menanyakan kepada siswa manfaat yang dapat diperoleh setelah
mempelajari topik ini.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
Penilaian
dilakukan mengunakan penilaian otentik yang meliputi Penilaian Sikap, Penilaian
Pengetahuan, dan Penilaian Keterampilan. Format Penilaiannya sebagai berikut:
1. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Skor total
|
||
Mensyukuri
|
jujur
|
Kerjasama
|
Kreatif
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
1
|
Viera
|
|
|
|
|
|
2
|
Ravie
|
|
|
|
|
|
3
|
Juniastio
|
|
|
|
|
|
4
|
Eka
|
|
|
|
|
|
5
|
Yuliati
|
|
|
|
|
|
6
|
Anis
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a. Sikap
Spiritual
Indikator sikap
spiritual “Mensyukuri”:
a. Berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.
b. Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianutnya.
c. Saling
menghormati dan toleransi
d. Memerihara
hubungan baik dengan sesame teman.
Rubik Pemberian Skor:
a. 4
= jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut.
b. 3
= jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut.
c. 2
= jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut.
d. 1
= jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut.
b. Sikap
Sosial
1. Sikap
Jujur
Indikator sikap
“jujur”:
a. Tidak
berbohong.
b. Tidak
menyontek jawaban teman (plagiarisme)
c. Berterus
terang
d. Mengembalikan
pada yang berhak bila menemukan sesuatu milik orang lain.
Rubik Pemberian Skor:
a. 4
= jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut.
b. 3
= jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut.
c. 2
= jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut.
d. 1
= jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut.
2. Sikap
“Kerja sama”
Indikator
sikap “ kerja sama” :
a. Peduli
kepada sesama.
b. Saling
membantu dalam kebaikan
c. Saling
menghargai atau toleran
d. Ramah
dengan sesame
Rubik Pemberian Skor:
a. 4
= jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut.
b. 3
= jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut.
c. 2
= jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut.
d. 1
= jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut.
3. Sikap
“kretif”
Indikator
sikap “kreatif”
a. Mampu
berkomunikasi dengan baik.
b. Mampu
menuangkan ide-ide pada saat berdiskusi dengan orang lain
c. Mampu
menyampaikan pendapatnya tanpa harus menyinggung perasaan orang lain.
d. Mampu
memberi masukan dengan baik kepada orang lain.
Rubik pemberian Skor
a. 4
= jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut.
b. 3
= jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut.
c. 2
= jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut.
d. 1
= jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut.
2. Penilaian
Pengetahuan
No
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Sebutkan
tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!
|
2
|
Jelaskan
secara singkat riwayat hidup dari masing-masing tokoh Proklamasi kemerdekaan
Indonesia!
|
3
|
Negeri
kita saat ini telah diberikan kemerdekaan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Kemerdekaan tersebut tidak mudah didapatkan oleh bangsa Indonesia, tetapi
harus melalui perjuangan berabad-abad tahun lamanya untuk mendapatkan kemerdekaan tersebut dari para
penjajah yang menjajah Indonesia. Hingga akhirnya kemerdekaan tersebut
diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.
Bagaimanakah
sikap anda, dan upaya anda untuk dapat mempertahankan kemerdekaan tersebut
dan dapat menghargai jasa-jasa pahlawan yang sudah berjuang, hingga dapat
seperti saat ini!
|
4
|
Telaahlah
peristiwa dan kejadian-kejadian penting yang terjadi pada saat sebelum
dilaksanakannya Proklamasi Kemerdekaan RI!
|
5
|
Analisislah
peranan para tokoh Proklamasi pada saat mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia, serta hubungan antar dengan tokoh-tokoh Proklamasi lainnya dalam
rangka mempersiapkan Proklamasi!
|
6
|
Analislah
hasil dari perjuangan tokoh-tokoh Proklamasi tersebut
|
Nilai
= Jumlah Skor
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian untuk
mengamati gambar tentang Peran Bung Hatta sebagai tokoh
Proklamator Indonesia.
No.
|
Nama Siswa
|
Relevansi
|
Kelengkapan
|
Kebahasaan
|
Jumlah Skor
|
(1-4)
|
(1-4)
|
(1-4)
|
|||
1
|
Viera
|
|
|
|
|
2
|
Eka
|
|
|
|
|
3
|
Ravi
|
|
|
|
|
4
|
Juniastio
|
|
|
|
|
5
|
Anis
|
|
|
|
|
6
|
Yuliati
|
|
|
|
|
Nilai = Jumlah
skor dibagi 3
Keterangan:
a. Kegiatan
mengamati dalam hal ini dipahami sebagai cara siswa mengumpulkan info faktual
dengan memanfaatkan indera penglihat, pembau, pendengar, pengecap, dan peraba.
Maka keseluruhan yang dinilai adalah hasil pengamatan (berupa informasi) bukan
cara mengamati.
·
Relevansi, kelengkapan, dan kebahasaan
diperlukan sebagai indikator penilaian kegiatan mengamati.
·
Relevansi merujuk pada ketetapan atau
keterhubungan fakta yang diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk
mencapai tujuan kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran.
·
Kelengkapan dalam arti semakin banyak
komponen fakta yang terliput atau semakin sedikit sisa (residu) fakta yang
tertinggal
·
Kebahasaan menunjukkan bagaimana siswa
mendeskripsikan yang dikumpulkan dalam bahasa tulis yang efektif (tata kata
atau tata kalimat yang benar dan mudah dipahami)
·
Skor terentang antara 1-4
1
= Kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4
= Sangat Baik
4. Penilaian
untuk Diskusi Kelompok
No
|
Nama
|
Mengkomunikasikan
|
Mendengarkan
|
Berargumentasi
|
Berkontribusi
|
Jumlah Skor
|
(1-4)
|
(1-4)
|
(1-4)
|
(1-4)
|
|||
1
|
Viera
|
|
|
|
|
|
2
|
Eka
|
|
|
|
|
|
3
|
Ravi
|
|
|
|
|
|
4
|
Juni
|
|
|
|
|
|
5
|
Anis
|
|
|
|
|
|
6
|
Tita
|
|
|
|
|
|
Nilai = Jumlah Skor dibagi 3
Keterangan:
a. Keterampilan
mengkomunikasikan adalah kemampuan siswa untuk mengungkapkan atau menyampaikan
idea tau gagasan dengan bahasa lisan yang efektif.
b. Keterampilan
mendengarkan dipahami sebagai kemampuan siswa untuk tidak menyela, memotong,
atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan
gagasannya.
c. Kemampuan
berargumentasi menunjukkan kemampuan siswa dalam mengemukakan argumentasi logis
ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasannya.
d. Kemampuan
berkontribusi dimaksudkan sebagai kemampuan siswa memberikan gagasan-gagasan
yang mendukung atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk didalamnya
menghargai perbedaan pendapat.
e. Skor
terentang antara 1-4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
5. Penilaian
Presentasi
No
|
Nama
|
Menjelakan
|
Memvisualisasikan
|
Merespon
|
Jumlah Skor
|
(1-4)
|
(1-4)
|
(1-4)
|
|||
1
|
Viera
|
|
|
|
|
2
|
Eka
|
|
|
|
|
3
|
Ravie
|
|
|
|
|
4
|
Juniastio
|
|
|
|
|
5
|
Anis
|
|
|
|
|
6
|
Yukiati
|
|
|
|
|
Nilai = jumlah skor dibagi 3
Keterangan:
a. Keterampilan
menjelaskan dalah kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara
meyakinkan.
b. Keterampilan
memvisualisasikan berkaitan dengan kemampuan siswa untuk membuat atau mengemas
informasi seunik mungkin, semenarik mungkin, atau skreatif mungkin.
c. Keterampilan
merespon adalah kemampuan siwa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan,
bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empatik.
d. Skor
terentang antara 1-4
1 = kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat baik
Sumber
Belajar :
a. Buku
Sumber Sejarah SMK XI
1. Djoened
Poesponegoro, Marwati, Nugroho Notosusanto. 2009. Sejarah Nasional Indonesia III. Jakarta. Balai Pustaka.
2. Yamin,
Muhammad. 1966. Lukisan Sedjarah. Djakarta: Djambatan.
b. White
board
c. Power
point
d. Slide
e. Laptop
f. LCD
g. Internet
h. Kartu
pembelajaran.
i.
Gambar
Jember,
18 November 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 5 Jember Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Santoso,
M.Pd Evie
Eka Yuliati
NIP. 196706221999031010 NIM. 120210302105
Tidak ada komentar:
Posting Komentar