Kamis, 18 Desember 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Sejarah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMK
Mata Pelajaran            : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester            : XI/II
Pertemuan                   : 10 (sepuluh)
Materi Pokok/Topik    : Peranan tokoh-tokoh Proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit (2 JP)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
2.3 Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.9 Menganalisis peran Bung Karno dan Bung Hatta sebagai proklamator serta tokoh-tokoh proklamasi lainnya.
3.9.1 Menganalisis tokoh yang termasuk sebagai tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.9.2 Menganalisis Peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.9.3 Menganalisis Hasil Peranan dari tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
4.9 Menulis sejarah tentang perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta.serta tokoh-tokoh proklamasi lainnya.
4.9.1 Menyusun Karya tulis sejarah yang berjudul “Perjuangan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia”.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan memperhatikan tayangan gambar, siswa dapat memahami tokoh yang termasuk sebagai tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
2.      Melalui Diskusi, siswa dapat menjelaskan tentang peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.      Melalui Diskusi dan kerja kelompok, siswa dapat menganalisis tentang hasil dari peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
4.      Melalui Diskusi dan kerja kelompok, siswa dapat menyusun karya tulis tentang “Perjuangan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia”.

D.    Materi Pembeajaran
1.      Tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
2.      Peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.      Hasil dari peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
4.      Sistematika tulisan tentang perjuangan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan                       : Saintifik
Model Pembelajaran         : Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)

F.     Media, alat, dan sumber belajar
1.      Media gambar: gambar tentang peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.
2.      Alat/bahan:
a.       Gambar
b.      Laptop
c.       LCD,
d.      Proyektor.
3.      Sumber belajar: Buku sejarah kelas XI, internet, serta buku-buku yang relevan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
a.       Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa.
b.      Guru mempersiapkan kelas lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar)
c.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.      Guru menyampaikan topik pembelajaran “Peranan  tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”
e.       Guru memberikan informasi tentang pentingnya topik ini.
f.       Guru membagi siswa dalam kelompok kecil yang terdiri dari 6 kelompok dan 6 orang, yaitu kelompok 1,2,3,4,5, dan 6.
10
Menit
Inti
Siswa sudah duduk dikelompok masing-masing.
Guru menayangkan gambar tentang peranan Bung Karno sebagai Proklamtor.

Mengamati
a.    Siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar yang ditampilkan oleh guru yaitu tentang peranan tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Menanya
a.       Guru mendorong siswa untuk bertanya hal-hal yang terkait dengan gambar yang ditayangkan
b.      Guru kembali menegaskan topik pembelajaran yang akan dibahas.
c.       Guru menegaskan tentang model pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu menggunakan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah).
Mengeksplorasi
a.       Guru memberikan pengantar singkat, misalnya menjelaskan tentang perjuangan rakyat Indonesia sebelum peristiwa Proklamasi Kemedekaan, yaitu perjuangan rakyat Indonesia yang berabad-abad tahun lamanya untuk lepas dari penjajah, hingga akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia mampu memproklamasikan kemerdekann. Hal ini tidak terlepas dari peranan para tokoh-tokoh Proklamasi yang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia dan terlepas dari penjajah. Siapakah tokoh-tokoh Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan bagaimana riwayat hidup secara singkat dari tokoh-tokoh tersebut Bagaimana peranan tokoh-tokoh Proklamasi dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Dan apa hasil dari peranan tokoh-tokoh Proklamasi tersebut. Nah, untuk memecahkan beberapa permasalahan diatas, para siswa melakukan diskusi kelompok.
b.      Guru kemudian menjelaskan cara kerja masing-masing kelompok. Kegiatan pembelajaran ini menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Pertama, setiap kelompok harus merumuskan masalah sesuai dengan materi masing-masing. Kemudian mendeskripsikan masalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab sesuai degan materi masing-masing. Masing-masing kelompok juga diminta merumuskan hipotesis. Kemudian dilakukan analisis untuk  memecahkan masalah yang telah dirumuskan.
c.       Setiap kelompok mendapatkan tugas melakukan eksplorasi atau mengumpulkan data melalui diskusi kelompok
Mengasosiasi/menganalisis data
a.      Setiap kelompok mendapatkan tugas mengasosiasi atau menganalisis fakta-fakta yang berhasil ditemukan dan dirumuskan:
1.      Kelomok 1 dan kelompok 2 memecahkan masalah terkait materi tokoh-tokoh Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan bagaimana riwayat hidup secara singkat dari tokoh-tokoh tersebut
2.      Kelopmpok 3 dan kelompok 4, memecahkan masalah tentang materi peranan tokoh-tokoh Proklamasi dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
3.      Kelopmpok 5 dan kelompok 6, memecahkan masalah tentang hasil dari peranan tokoh-tokoh Proklamasi tersebut.
b.      Masing-masing kelompok dalam menganalisis data dapat menggunakan buku sumber dan menggunkan fasilitas multimedia (internet).
Mengomunikasikan
a.       Presentasi hasil kelompok (masing-masing kelompok) dalam rangka mengkomunikasikan hasil karya kelompok dan kelompok lain diwajibkan memberi tanggapan.
b.      Nilai  yang dikembangkan: mengemukakan pendapat dengan singkat dan jelas,serta mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.
70 menit

























Penutup
a.       Klarifikasi atau kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentang “Peranan tokoh-tokoh Proklamasi Indonesia” sebagai gambaran dari para tokoh proklamasi untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
b.      Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh setelah belajar tentang topik pembelajaran “Peranan tokoh-tokoh Proklamasi Indonesia ”
c.       Guru sekali lagi menegaskan agar para siswa tetap bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Para siswa harus belajar dan bekerja keras untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan menjadi generasi bangsa yang cerdas agar tidak terjajah dan  dibodohi oleh bangsa asing lainnya.
d.      Guru memberikan pertanyaan secara acak kepada peserta didik untuk mendapapatkan umpan :
1.      Siapakah tokoh yang berperan dalam mengibarkan bendera pusaka pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia?
2.      Bagaimanakah peranan tokoh BM. Diah dalam rangka mempersiapkan Proklamasi kemerdekaan Indonesia?
e.       Sebagai refleksi, Guru bersama siswa menyimpulkan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan kepada siswa manfaat yang dapat diperoleh setelah mempelajari topik ini.
10 menit


H.    Penilaian Hasil Belajar
Penilaian dilakukan mengunakan penilaian otentik yang meliputi Penilaian Sikap, Penilaian Pengetahuan, dan Penilaian Keterampilan. Format Penilaiannya sebagai berikut:

1.      Penilaian Sikap
No
Nama
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Skor total
Mensyukuri
jujur
Kerjasama
Kreatif
1-4
1-4
1-4
1-4
1
Viera





2
Ravie





3
Juniastio





4
Eka





5
Yuliati





6
Anis






Keterangan:
a.       Sikap Spiritual
Indikator sikap spiritual “Mensyukuri”:
a.       Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.
b.      Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai dengan agama yang dianutnya.
c.       Saling menghormati dan toleransi
d.      Memerihara hubungan baik dengan sesame teman.
Rubik Pemberian Skor:
a.       4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut.
b.      3 = jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut.
c.       2 = jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut.
d.      1 = jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut.

b.      Sikap Sosial
1.      Sikap Jujur
Indikator sikap “jujur”:
a.       Tidak berbohong.
b.      Tidak menyontek jawaban teman (plagiarisme)
c.       Berterus terang
d.      Mengembalikan pada yang berhak bila menemukan sesuatu milik orang lain.
Rubik Pemberian Skor:
a.       4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut.
b.      3 = jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut.
c.       2 = jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut.
d.      1 = jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut.
2.      Sikap “Kerja sama”
Indikator sikap “ kerja sama” :
a.       Peduli kepada sesama.
b.      Saling membantu dalam kebaikan
c.       Saling menghargai atau toleran
d.      Ramah dengan sesame
Rubik Pemberian Skor:
a.       4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut.
b.      3 = jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut.
c.       2 = jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut.
d.      1 = jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut.
3.      Sikap “kretif”
Indikator sikap “kreatif”
a.       Mampu berkomunikasi dengan baik.
b.      Mampu menuangkan ide-ide pada saat berdiskusi dengan orang lain
c.       Mampu menyampaikan pendapatnya tanpa harus menyinggung perasaan orang lain.
d.      Mampu memberi masukan dengan baik kepada orang lain.
Rubik pemberian Skor
a.       4 = jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut.
b.      3 = jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut.
c.       2 = jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut.
d.      1 = jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut.




2.      Penilaian Pengetahuan

No
Butir Instrumen
1
Sebutkan tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!
2
Jelaskan secara singkat riwayat hidup dari masing-masing tokoh Proklamasi kemerdekaan Indonesia!
3
Negeri kita saat ini telah diberikan kemerdekaan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kemerdekaan tersebut tidak mudah didapatkan oleh bangsa Indonesia, tetapi harus melalui perjuangan berabad-abad tahun lamanya untuk  mendapatkan kemerdekaan tersebut dari para penjajah yang menjajah Indonesia. Hingga akhirnya kemerdekaan tersebut diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.
Bagaimanakah sikap anda, dan upaya anda untuk dapat mempertahankan kemerdekaan tersebut dan dapat menghargai jasa-jasa pahlawan yang sudah berjuang, hingga dapat seperti saat ini!
4
Telaahlah peristiwa dan kejadian-kejadian penting yang terjadi pada saat sebelum dilaksanakannya Proklamasi Kemerdekaan RI!
5
Analisislah peranan para tokoh Proklamasi pada saat mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, serta hubungan antar dengan tokoh-tokoh Proklamasi lainnya dalam rangka mempersiapkan Proklamasi!
6
Analislah hasil dari perjuangan tokoh-tokoh Proklamasi tersebut
Nilai = Jumlah Skor



3.      Penilaian Keterampilan
Penilaian untuk mengamati gambar tentang Peran Bung Hatta sebagai tokoh Proklamator Indonesia.
No.
Nama Siswa
Relevansi
Kelengkapan
Kebahasaan
Jumlah Skor
(1-4)
(1-4)
(1-4)
1
Viera




2
Eka




3
Ravi




4
Juniastio




5
Anis




6
Yuliati




Nilai = Jumlah skor dibagi 3

Keterangan:
a.       Kegiatan mengamati dalam hal ini dipahami sebagai cara siswa mengumpulkan info faktual dengan memanfaatkan indera penglihat, pembau, pendengar, pengecap, dan peraba. Maka keseluruhan yang dinilai adalah hasil pengamatan (berupa informasi) bukan cara mengamati.
·         Relevansi, kelengkapan, dan kebahasaan diperlukan sebagai indikator penilaian kegiatan mengamati.
·         Relevansi merujuk pada ketetapan atau keterhubungan fakta yang diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran.
·         Kelengkapan dalam arti semakin banyak komponen fakta yang terliput atau semakin sedikit sisa (residu) fakta yang tertinggal
·         Kebahasaan menunjukkan bagaimana siswa mendeskripsikan yang dikumpulkan dalam bahasa tulis yang efektif (tata kata atau tata kalimat yang benar dan mudah dipahami)
·         Skor terentang antara 1-4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik


4.      Penilaian untuk Diskusi Kelompok

No
Nama
Mengkomunikasikan
Mendengarkan
Berargumentasi
Berkontribusi
Jumlah Skor
(1-4)
(1-4)
(1-4)
(1-4)
1
Viera





2
Eka





3
Ravi





4
Juni





5
Anis





6
Tita





Nilai = Jumlah Skor dibagi 3

Keterangan:
a.       Keterampilan mengkomunikasikan adalah kemampuan siswa untuk mengungkapkan atau menyampaikan idea tau gagasan dengan bahasa lisan yang efektif.
b.      Keterampilan mendengarkan dipahami sebagai kemampuan siswa untuk tidak menyela, memotong, atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan gagasannya.
c.       Kemampuan berargumentasi menunjukkan kemampuan siswa dalam mengemukakan argumentasi logis ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasannya.
d.      Kemampuan berkontribusi dimaksudkan sebagai kemampuan siswa memberikan gagasan-gagasan yang mendukung atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk didalamnya menghargai perbedaan pendapat.
e.       Skor terentang antara 1-4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik




5.      Penilaian Presentasi

No
Nama
Menjelakan
Memvisualisasikan
Merespon
Jumlah Skor
(1-4)
(1-4)
(1-4)
1
Viera




2
Eka




3
Ravie




4
Juniastio




5
Anis




6
Yukiati




Nilai = jumlah skor dibagi 3

Keterangan:
a.       Keterampilan menjelaskan dalah kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara meyakinkan.
b.      Keterampilan memvisualisasikan berkaitan dengan kemampuan siswa untuk membuat atau mengemas informasi seunik mungkin, semenarik mungkin, atau skreatif mungkin.
c.       Keterampilan merespon adalah kemampuan siwa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan, bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empatik.
d.      Skor terentang antara 1-4
1 = kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat baik




Sumber Belajar :
a.       Buku Sumber Sejarah SMK XI
1.      Djoened Poesponegoro, Marwati, Nugroho Notosusanto. 2009. Sejarah Nasional Indonesia III. Jakarta. Balai Pustaka.
2.      Yamin, Muhammad. 1966. Lukisan Sedjarah. Djakarta: Djambatan.
b.      White board
c.       Power point
d.      Slide
e.       Laptop
f.       LCD
g.      Internet
h.      Kartu pembelajaran.
i.        Gambar







                                                                                          Jember, 18 November 2014
      Mengetahui                                                                      
   Kepala Sekolah SMKN 5 Jember                                                Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Santoso, M.Pd                                                            Evie Eka Yuliati
        NIP. 196706221999031010                                                  NIM. 120210302105







Tidak ada komentar:

Posting Komentar